Header Ads

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Gambus.

Asal muasal gambus

Menurut legenda,mula terjadinya Gambus diilhami oleh betis seorang wanita yang konon kabarnya di aluri percintaan anak manusia. Pada akhir percintaan tersebut sang puteri meninggal dunia dan sekaligus meninggalkan sang kekasih untuk selama-lamanya.Dengan kepergian kekasihnya yg tak akan besua lagi menimbulkan rasa haru yang dalam, sehingga diatas pusara sang kekasih ditanamlah sebatang pohon kayu. Tahunpun silih berganti dengan bergelut kenangan dan impian tampa terasa pohon yang ada diatas pusara sudah besar.

Setelah pohon tesebut dibentuj menjadi alat musik yang menyerupai betis sang kekasihnya terobatlah rasa pilu maupun perih cintanya, karena dengan perantara instrument musik yang dibuatnya, dapatlah menghibur rindu dendam tesebut, sekaligus pelepas dahaga kenanganya. Instrument yang dimaksud adalah gambus..

Selain dari faktor diatas ada lagi tambahan proser terjadinya gambus dapat juga didasari oleh alat musik klasik, dimana kalau ditilik sedemikian rupa, Gambus sama dengan AL-UD(lute) yang menyerupai sitar india. Hal ini dapat disimak dari batang leher permukaanya, serta merta lingkaran bodinya. Sejauh telaah yang dilakukan,unsur senar gambus" tali" juga berperan untuk mengkategorikan gambus dalam "lute atau senar..//6 maret 2010. Art ensambel.

No comments

Powered by Blogger.