Header Ads

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Akhirnya, Apple Resmi Luncurkan iPad Mini

Akhirnya, Apple Resmi Luncurkan iPad Mini

 iPad mini berukuran 7,9 inchi ini menandai gebrakan pertama Apple di segmen tablet yang lebih kecil. Apple berharap produknya ini memberi pukul telak pasar tablet yang bahkan oleh produsen lainnya menilai sulit melakukan penetrasi dengan dominasi Samsung Electronics yang menjadi rival terbesar Apple.

Namun dengan harga US$329, nilai iPad mini menelan biaya lebih dari yang diharapkan beberapa analis. Wall Street mengkhawatirkan bahwa gadget ini akan merebut para pembeli dari iPad 10 inchi yang kini berharga US$499, namun tidak efektif dalam melawan ancaman Kindle Fire oleh Amazon yang seharga US$1999 dan Nexus 7 dari Google.

“Apakah produk ini akan mengkanibalisasi iPad yang lebih mahal? Pantas dicatat bahwa ada produk-produk dengan margin nol di luar sana yang berkompetisi dengan mereka sekarang dan ini menampilkan sejumlah tantangan bagi Apple yang berada di persimpangan. Wall Street memiliki beberapa kekhawatiran dalam hal ini,” ujar analis dari JMP Securitas, Alex Gauna.

Para analis Wall Street telah berkata selama berbulan-bulan bahwa Apple berencana mengeluarkan versi yang lebih murah dari iPad untuk menantang rival mereka yang memiliki produk lebih murah, sebuah tindakan yang dinilai analis bisa melukai margin mereka sendiri namun mencegah rival-rival mereka dari mendominasi segmen yang makin penting.

Saham turun 2,5 persen di nilai US$618,42 pada perdagangan sore hari, setelah memperoleh tambahan 4 persen pada Senin (22/10).

Apple juga mengumumkan generasi keempat iPad ukuran original dengan sejumlah perbaikan di bidang grafis dan kecepatan proses, hanya dua hari sebelum Microsoft menampilkan tablet Surface-nya. iPad baru ini dipasang mulai dari harga US$499.

Tablet yang lebih kecil ini adalah piranti pertama yang ditambahkan Apple di bawah kepemimpinan Chief Executive Tim Cook yang mengambil alih pendiri Apple, Steve Jobs sebelum meninggalnya.

Menurut analis, Kindle dari Amazon dan Nexus 7 dari Google telah mengambil potongan kue pasar kelas bawah di pasar tablet dan membuktikan adanya permintaan tablet berukuran saku. Ini memaksa Apple memasuki ruang yang sebelumnya mereka hindari.

Berdasarkan sebuah survei dari ribuan konsumen oleh Baird Equity Research, harga awal untuk tablet ini berkisar US$249-US$299. “Ketika menanyai mereka berapa yang akan mereka bayar untuk iPad yang lebih kecil, responden kami rata-rata berkata mereka bersedia membayar sekitar US$242 untuk iPad 7 inchi dan US$268 untuk iPad 8 inchi,” kata William Power, dari analis Baird Equity Research.

Tim Cook memperkenalkan iPad mini ini di California Theater di San Jose.

Saingan utama Apple di pasar tablet ukuran kecil adalah Amazon yang telah membuktikan tablet berukuran 7 inchi di kisaran harga US$200 lebih memikat konsumen. Kindle Fire diluncurkan tahun lalu dengan harga US$199 adalah salah satu gagdet terlaris.

Amazon berhasil menjual lebih dari jutaan Kindle dalam waktu seminggu pada Desember tahun lalu, memberi jalan bagi para pesaingnya seperti Google dengan Nexus 7 untuk mencoba melakukan langkah serupa dan memukul Apple di pasar tablet yang diciptakan Apple sendiri.

Para penjual di Internet sekarang menempatkan generasi kedua Kindle Fire HD sebagai “produk terlaris di semua Amazon di seluruh dunia” berdasarkan pernjualan di Amerika Serikat dan pemesanan awal (preorder) secara internasional.

Tablet Nexus 7 dari Google yang dibuat oleh pabrikan Asustek dari Asia, dengan cepat kehabisan stoknya setelah diluncurkan apda Juli.

Ketiga perusahaan ini (Apple, Amazon, dan Google) akan berlomba-lomba menempatkan produknya di daftar belanjaan selama musim liburan akhir tahun yang akan dimulai pada November. “iPad mini akan menjadi hadiah liburan,” ujar Michael Yoshikami, pendiri Destination Wealth Management yang memiliki saham Apple.

sumber: The Telegraph

No comments

Powered by Blogger.