Header Ads

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Buah Nanka Tampa Kulit

Buah Nanka Tampa Kulit  Siapa yang tidak mengenal buah Nangka. Buah yang banyak tumbuh di Indonesia dengan nama latin Artocarpus heterophyllus Lam ini memiliki rasa manis yang khas. Biasanya buah nangka yang berwana kuning keemasan itu tersembunyi dibalik kulitnya yang tebal dan keras. Sehingga untuk memakannya pun tidaklah mudah.
Nanka TampaKulit
Raji, menunjukkan buah nangka tanpa kulit. asm.kabar17.com
Namun, di Kota Semarang ada buah nangka yang cukup unik. Dari pohon nangka yang tumbuh di halaman rumah  Raji (52) di Jalan Tlogobiru I Nomer 2, Kelurahan Tlogosari Kulon, Kecamatan Pedurungan ini menghasilkan buah nangka tanpa kulit alias bugil. Sehingga ketika hendak dimakan tidak perlu repot-repot membuka kulitnya yang keras dan tebal. Cukup langsung dicongkel dan langsung bisa dimakan.
Meski berbeda dengan buah nangka pada umumnya, namun buah nangka ini rasanya tetap manis seperti buah nangka kebanyakan. Bahkan pohon, daunnya pun sama dengan pohon nangka yang lain. Raji mengaku, keunikan buah nangka miliknya itu mulai diketahui sejak tiga tahun belakangan dan hingga saat ini setiap kali berbuah selalu tanpa kulit.
“Pohon nangka ini  umurnya sekitar 10 tahun. Dan baru memiliki buah tanpa kulit tiga tahun ini, padahal sebelumnya buahnya seperti nangka-nangka lainnya,” ujar Raji, saat ditemui di rumahnya.
Dia mengungkapkan, dalam setahun buah nangka unik miliknya berbuah dua kali dan setiap kali berbuah bisa lima sampai 10 buah. Dan untuk musim buah kali ini, sudah ada lima buah nangka tanpa kulit yang siap untuk dipetik.
”Kalau masih “Pentil” (masih kecil) sama dengan buah-buah nangka yang lain, tapi nanti kalau sudah mulai besar buahnya semakin kelihatan dan kulitnya menghilang,” imbuhnya.
Raji mengaku tidak mengetahui penyebab pohon nangkanya itu bisa berbuah tanpa kulit. Padahal dirinya juga tidak pernah melakukan perawatan apapun terhadap pohon tersebut.
”Tumbuhnya kan sudah dipinggir kali jadi juga tidak pernah disiram, paling kalau daunya sudah rimbun dipotong itu saja,” katanya.
Daryati,35, tetangga Raji mengaku heran dengan adanya buah Nangka Tanpa Kulit tersebut. Pasalnya selama ini yang dia tahu buah nangka berkulit tebal.
Peristiwa Aneh sekali kok ada buah nangka seperti ini dan baru kali ini melihat,” ujarnya heran

No comments

Powered by Blogger.