Header Ads

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Riq (Tambourinne)

The riq (bahasa Arab: رق) (riqq juga dieja atau rik) adalah jenis rebana yang digunakan sebagai alat musik tradisional dalam musik Arab. Ini merupakan instrumen penting dalam kedua rakyat dan musik klasik di seluruh dunia Arab. Ini secara tradisional memiliki bingkai kayu (meskipun di era modern itu juga dapat terbuat dari logam), jingle, dan kepala, tipis tembus terbuat dari kulit ikan atau kambing (atau, baru-baru ini, bahan sintetik). Meskipun di Barat rebana umumnya dianggap sebagai instrumen ritme sederhana cocok untuk pemain terampil, pemain riq mampu kehalusan besar dan keahlian.

Riq ini digunakan di Mesir, Irak, Lebanon, Palestina, Sudan, dan Suriah, di Libya, di mana sangat jarang, hal itu disebut mriq. Ini adalah antara 20 dan 25 cm dengan diameter dan sekarang secara efektif instrumen pria. Diturunkan dari duff (lihat Daff), seperti tar, yang riq mengakuisisi namanya dalam abad ke-19 sehingga bisa dibedakan.

Pada dasarnya alat musik untuk penikmat, yang riq, yang juga disebut al-daff zinjari di Irak, dimainkan dalam ansambel takht (Mesir, Suriah) atau shalghi ansambel (Irak) di mana ia memiliki peran yang sangat tebang habis, melampaui persyaratan berirama sederhana dari daff, tar, atau Mazhar, dan meledak dalam ledakan kebebasan imajinatif untuk warna orkestra dengan suara berkilauan: ini cukup berbeda dengan peran daff. Di Sudan, di mana tampaknya telah diperkenalkan baru-baru ini, para riq juga terkait dengan beribadah, seperti di Mesir atas.

Bingkai dari riq dapat ditutupi pada kedua sisi dalam dan luar dengan tatahan seperti ibu-of-mutiara, gading atau kayu dekoratif, seperti aprikot atau lemon. Ini memiliki sepuluh pasang simbal kecil (sekitar 4 cm), dipasang di lima pasang celah. Kulit ikan atau kambing yang terpaku dan diperketat selama rentang, yaitu sekitar 6 cm. Di Mesir riq biasanya 20 cm lebar, di Irak itu sedikit lebih besar.

Secara tradisional, drum bingkai telah digunakan untuk mendukung suara penyanyi, yang memanipulasi mereka sendiri, tetapi pemain dari riq, seperti itu dari doira Uzbekistan, bermain tanpa bernyanyi. Sementara daff dan Mazhar diadakan relatif masih, di dada atau ketinggian muka, dengan pemain duduk, riq, karena penggunaan warna tone-yang berbeda, mungkin terguncang keras di atas kepala, lalu dengan kasar diturunkan ke lutut, dan bermain secara vertikal maupun horizontal. Pemain bergantian antara mencolok membran dan mengguncang jingle, dan kebutuhannya akan kebebasan bergerak memerlukan bahwa ia berdiri. Siswa instrumen yang diperlukan untuk menguasai masalah teknis yang diberlakukan oleh timbre dari membran dan jingle, secara terpisah dan dalam kombinasi, selain mengembangkan teknik virtuoso mereka juga perlu mempelajari siklus ritmis banyak dan teknik memodifikasi mereka melalui Penemuan kreatif.

No comments

Powered by Blogger.