Header Ads

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Kok Buku Digital Lebih Mahal

Kok Buku Digital Lebih Mahal Percaya  atau tidak, ternyata harga sebuah buku digital (eBook) di Inggris bisa lebih mahal jika dibandingkan dengan edisi cetaknya. eBook novel terbaru pengarang Harry Potter, JK Rowling, The Casual Vacancy, dijual dengan harga sekitar Rp180 ribu, sementara edisi cetaknya yang dijual di toko daring Amazon seharga Rp135 ribu setelah diberi potongan harga dari Rp165 ribu.

Dari harga tersebut muncul pertanyaan mengapa eBook harus semahal itu padahal buku digital tidak memiliki ongkos produksi seperti edisi cetak. Lebih lanjut komisi Eropa sedang melakukan investigasi untuk melihat perkembangan pasar eBook setelah ada suara yang mengatakan bahwa penerbitan bisa bangkrut jika menjual dengan harga yang tinggi.

Namun para analis mengatakan tidak masuk akal jika harga eBook lebih murah dari edisi cetak. "Biaya penerbit sudah terstruktur sedemikian rupa, jadi tidak alasan eBook harus lebih murah," ujar peneliti Ender Analysis Benedict Evans seperti dilansir Telegraph.

Seperti diketahui, dari 100 buku edisi cetak yang terjual di Amazon Inggris, juga terdapat 114 edisi digital yang dibeli konsumen. Maraknya eBook di negara tersebut disebabkan oleh komputer tablet Kindle yang diluncurkan sejak 2010. Perangkat tersebut sangat populer baik untuk pria dan wanit di segala usia

No comments

Powered by Blogger.