Header Ads

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Alat Musik Darabuka.

Piala drum (juga Chalice drum, Darbuka atau Doumbek) adalah piala berbentuk tangan drum digunakan terutama dalam musik berasal dari negara-negara Timur Tengah dekat. Its tipis, drumhead responsif dan resonansi membantu menghasilkan suara yang khas renyah. Meskipun tidak diketahui kapan tepatnya drum ini pertama kali dibuat, mereka yang dikenal sebagai asal kuno.

              Secara tradisional, drum mungkin piala terbuat dari tanah liat, logam, atau kayu. Drum piala modern juga kadang-kadang dibuat dari bahan sintetik, termasuk fiberglass. Drum logam modern biasanya terbuat dari aluminium (cast baik, berputar, atau dibentuk dari sheet) atau tembaga. Beberapa drum aluminium mungkin memiliki tatahan ibu-of-mutiara, yang murni dekoratif. Kepala drum tradisional adalah kulit hewan, biasanya kambing dan juga ikan. Modern drum biasa digunakan bahan sintetis untuk drum kepala, termasuk mylar dan fiberglass.
Piala drum yang dimainkan dengan sentuhan jauh lebih ringan dan stroke sangat berbeda (kadang-kadang termasuk gulungan atau irama cepat diartikulasikan dengan ujung jari) dari drum tangan seperti djembe, ditemukan di Afrika.

Ada dua jenis utama drum piala. Gaya Mesir telah bulat sisi-sisi sekitar kepala, sedangkan gaya Turki memperlihatkan tepi kepala. Tepi terkena memungkinkan akses lebih dekat dengan kepala sehingga jari-gertakan teknik dapat dilakukan, tetapi tepi keras enggan gulungan cepat mungkin dengan gaya Mesir.

piala Drum dapat dimainkan sementara diadakan di bawah satu lengan (biasanya lengan non-dominan) atau dengan menempatkannya pada putaran menyamping (dengan kepala ke arah lutut pemain) sambil duduk. Beberapa drum juga dibuat dengan tali gunung sehingga drum mungkin tersandang di bahu, untuk memfasilitasi bermain sambil berdiri atau menari. Ini menghasilkan resonansi, rendah mempertahankan suara saat bermain ringan dengan ujung jari dan kelapa sawit. Beberapa pemain tinju mereka bergerak masuk dan keluar dari bel untuk mengubah nada. Ada berbagai irama (lihat irama dumbek) yang membentuk dasar dari musik folkloric dan modern dan gaya tarian Timur Tengah.

Ada dua suara utama yang dihasilkan oleh piala drum. Yang pertama disebut 'doum'. Ini adalah suara bass yang lebih dalam yang dihasilkan oleh memukul kepala dekat pusat dengan panjang jari-jari dan kelapa sawit. Yang kedua disebut 'tek' dan suara bernada tinggi yang diproduksi dengan memukul dekat tepi kepala dengan ujung jari. A 'tek' memukul dengan tangan sekunder juga dikenal sebagai 'ka'. Selain itu, ada teknik yang lebih kompleks termasuk bentak, menampar, muncul dan gulungan yang digunakan untuk ornamen irama dasar. Bertepuk tangan dan memukul sisi drum dapat digunakan selain suara drumhead.

Teknik lain yang biasa digunakan di Yunani, Bulgaria, Turki dan Mesir adalah untuk keran dengan jari-jari satu tangan dan dengan tongkat kecil di tangan lainnya. Di Turki tongkat disebut çubuk, yang berarti tongkat, atau tongkat. Yang Romani sebagian besar negara-negara yang berhubungan dengan piala drum menggunakan teknik ini.Penggunaan dalam musik klasik Barat

Sumber Info Musik dara buka Wesiklopedia...

No comments

Powered by Blogger.