Header Ads

Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Teater Makyong

Mak Yong adalah tari-teater kuno formulir menggabungkan unsur ritual, tari bergaya dan bertindak, musik vokal dan instrumental, cerita, lagu, formal maupun improvisasi diucapkan text.It dilakukan terutama di negara bagian Kelantan, Malaysia. Banyak teori telah dikemukakan untuk menjelaskan asal-usul genre's. Akarnya jelas tenggelam jauh ke dalam animisme serta perdukunan.


Untuk hari genre dilakukan dalam tiga gaya dasar:
(a) sebagai non-ritual teater untuk hiburan per se,
(b) sebagai ritual teater yang terkait dengan penyembuhan dan dilakukan dalam kombinasi dengan puteri utama shamanistic, dan
(c) sebagai kota komersial teater.


Secara singkat pada awal abad ini, upaya gagal dilakukan di Kelantan untuk menciptakan sebuah versi istana mak yong. Orkestra mak yong terdiri dari sebuah biola berduri tiga senar (rebab), sepasang drum barel berkepala ganda (gendang) dan sepasang menggantung gong knobbed (tetawak) sedangkan repertoar musik genre terdiri dari kira-kira tiga puluh keping, kebanyakan dari mereka disertai dengan menyanyi dan menari. Tidak ada panggung-sifat dan sedikit sederhana tangan properti digunakan.

Dalam mak yong, peran utama pria (pak yong) secara konvensional dimainkan oleh pemain wanita. Selain itu ada peran berikut: utama wanita (mak yong), sepasang badut (Peran), sepasang pembantu perempuan (inang) serta berbagai peran yang lebih rendah termasuk para dewa dan roh, orges atau raksasa, istana pejabat dan hewan.

Repertoar mak yong terdiri dari selusin atau lebih cerita, masih ada dalam tradisi lisan, berurusan dengan petualangan dewa atau raja mitos. Kepala sekolah, dan cerita paling awal dalam repertoar mak yong, berjudul Dewa Muda, memiliki makna rohani yang luar biasa. Mak yong pertunjukan terakhir antara sekitar 9:00 dan tengah malam, dan cerita umumnya selesai dalam beberapa malam.
 Sumber : http://www.angelfire.com 
Lain Mengatakan    
The Mak Yong adalah sebuah drama tari, pertunjukan teater yang komprehensif menggabungkan tari, opera, drama dan komedi.
Teater ini diyakini berasal dari Kelantan beberapa abad yang lalu sebagai hiburan pengadilan populer. Ini adalah bentuk teater yang unik yang mungkin bisa disamakan dengan genre musik teater modern ditemukan di barat teater. Tarian yang paling penting dalam kinerja Yong Mak adalah Mengadap Rebab urutan tarian yang sekarang berlangsung di manapun di antara 10 sampai 15 menit dan dilakukan pada awal setiap kinerja. Hal ini dibagi menjadi empat bagian: yaitu, duduk, berlutut, jongkok, berdiri dan berjalan. Penari memimpin dan para penari pendukung harus dapat menyanyikan melodi menghantui. Kecuali untuk tiga orang, semua karakter dalam Mak Yong yang dimainkan oleh perempuan. Ini adalah penari utama, disebut Mak Yong yang mengembangkan cerita yang biasanya sekitar legendaris pangeran dan putri dari kisah Lama diturunkan dari mulut ke mulut.
The Mak Yong didukung oleh cast dari 16 artis dan didukung oleh ansambel musik tradisional yang terdiri dari gong, drum dan rebab. Musik dan melodi menambah warna ke pesta dansa. Selalu ada 'badut' paling tidak 2 - Peran yang terus menerus dipukuli dengan tongkat bambu pendek oleh aktor utama. Mereka make-up yang sangat berbeda terutama di sekitar mata.........................

No comments

Powered by Blogger.